Korsel Tiba-Tiba Mohon-Mohon ke RI soal Ini, Ada Apa?

Jakarta, Indonesia – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) telah memohon kerja sama aktif Indonesia untuk menyelesaikan proyek pengembangan jet tempur bersama, KF-21. Ini terjadi setelah RI belum menuntaskan pembayaran pengembangan pesawat itu.

Kementerian Luar Negeri Seoul menyebut Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Korsel Kim Hong Kyun menyampaikan seruan tersebut pada sesi kedua dialog strategis bilateral dengan mitranya dari Indonesia, Pahala Nugraha Mansury. Ini diadakan di ibu kota Seoul, Rabu waktu setempat.

Sebelumnya, Indonesia telah setuju untuk menanggung sekitar 20% dari proyek senilai 8,1 triliun won (Rp 94 triliun) itu pada tahun 2015. Dana itu digunakan untuk mengembangkan jet tempur KF-21, hingga tahun 2026, serta imbalan menerima satu prototipe dan transfer teknologi dan 48 unit pesawat itu.

Hingga saat ini, RI menunda pembayaran selama hampir dua tahun. Diperkirakan sejauh ini Jakarta hanya membayar sekitar 278 miliar won (Rp 3,3 triliun), dengan tunggakan hampir 1 triliun won (Rp 11,8 triliun).

“Kim meminta bantuan Indonesia agar proyek tersebut dapat diselesaikan dengan lancar, dan Pahala mengatakan negaranya akan melakukan upaya aktif untuk mencapai penyelesaian,” kata Kementerian Luar Negeri Korsel dikutip media Yonhap, dikutip Kamis (14/3/2024).

Sebelumnya, Indonesia telah setuju untuk menanggung sekitar 20% dari proyek senilai 8,1 triliun won (Rp 94 triliun) itu pada tahun 2015. Dana itu digunakan untuk mengembangkan jet tempur KF-21, hingga tahun 2026, serta imbalan menerima satu prototipe dan transfer teknologi dan 48 unit pesawat itu.

Hingga saat ini, RI menunda pembayaran selama hampir dua tahun. Diperkirakan sejauh ini Jakarta hanya membayar sekitar 278 miliar won (Rp 3,3 triliun), dengan tunggakan hampir 1 triliun won (Rp 11,8 triliun).

“Kim meminta bantuan Indonesia agar proyek tersebut dapat diselesaikan dengan lancar, dan Pahala mengatakan negaranya akan melakukan upaya aktif untuk mencapai penyelesaian,” kata Kementerian Luar Negeri Korsel dikutip media Yonhap, dikutip Kamis (14/3/2024).

Panasnya Persaingan Artis di Jatim, Suara Dhani-Kris Dayanti Mendominasi

Surabaya – Ada deretan artis yang berebut kursi DPR RI melalui sejumlah Dapil di Jawa Timur. Persaingan merebut kursi Senayan ini makin panas. Artis dengan perolehan suara dominan sementara ini adalah Ahmad Dhani dan Kris Dayanti.
Sekadar informasi dari sejumlah dapil di Jatim setidaknya ada 9 peserta pileg DPR RI 2024 yang dikenal sebagai artis Ibukota hingga selebgram. Mereka mengadu nasib melalui sejumlah parpol untuk bisa duduk di parlemen.

Dari semua artis yang bersaing untuk Pileg DPR RI tahun ini, nama Ahmad Dhani dan Kris Dayanti yang agaknya lebih banyak mendapatkan perhatian dari konstituen masing-masing.

Berdasarkan data real count KPU RI hingga Senin (19/2/2024) pukul 15.00 WIB, suara Dhani di Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo tembus 41.384 Suara. Suara yang masuk di dapil tersebut di jam itu baru 54,82%.

Kris Dayanti yang maju di Dapil V Malang Raya (Malang, Kota Malang, Kota Batu) juga cukup moncer. Dia mendapat 40.812 suara hingga di jam yang sama dengan surat suara yang masuk di dapil tersebut baru 71,34%.

Bila diranking, urutan berikutnya ada caleg PKB yang juga artis di Dapil I Surabaya-Sidoarjo. Satu dapil dengan Dhani, mantan model Arzeti Bilbina mendapatkan 28.803 suara.

Selanjutnya, masih di Dapil Jatim I ada Arizal Tom Liwafa, selebgram yang juga crazy rich Surabaya, mengawali debutnya di PAN dengan cukup manis. Dia mendapatkan 21.124 suara.

Artis di peringkat selanjutnya cukup mencuri perhatian pada 2022 lalu dengan kasus KDRT yang dia alami hingga perceraian dengan suaminya yang masih seusia jagung. Venna Melinda.

Venna yang maju dengan kendaraan partai Perindo itu bertarung di Dapil Jatim VI wilayah Kediri, Blitar, dan Tulungagung. Untuk sementara ini dia mendapatkan 17.172 suara.

Sederet artis lainnya juga maju di Pileg 2024 kali ini. Ada musisi Andre Hehanussa di Dapil Jatim 1 dan aktor Lucky Perdana di Dapil Jatim III Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso dari PDIP.

Kemudian ada juga Chef Arnold Purnomo yang maju dengan kendaraan Partai Perindo serta Krisna Mukti dari Partai NasDem yang sama-sama maju di Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo.

Hingga saat inu KPU masih terus melakukan proses penghitungan suara real count Pemilu 2024. Namun, hasil sementara real count ini sudah bisa diakses di website KPU.

Berikut data real count KPU RI khusus untuk perolehan sementara suara artis yang nyaleg di Jatim berdasarkan data terakhir pada Senin (19/2/2024) pukul 15.00 WIB.

Perolehan Suara Sementara Caleg Artis di Jatim
Dapil Jatim I (Sudah 7.528 TPS masuk dari total 13.733 TPS [54.82%])

1. Dr. Arzeti Bilbilna Setyawan S.E., M.AP (PKB) – 28.803 suara

2. Dhani Ahmad Prasetyo (Gerindra) – 41.384 suara

3. Andre Hehanussa (PDIP) – 10.765 suara

4. Krisna Mukti (NasDem) – 7.805 suara

5. Arizal Tom Liwafa, S.T., M.M (PAN) – 21.124 suara

6. Arnold Poernomo (Perindo) – 8.334 suara

Dapil Jatim III (Sudah 6.836 TPS masuk dari total 9.582 TPS [71.34%])

7. Lucky Perdana (PDIP) – 20.382 suara

Dapil Jatim V (Sudah 6.929 TPS masuk dari total 10.824 TPS [64.02%])

8. Kris Dayanti (PDIP) – 40.812 suara

Dapil Jatim VI (Sudah 10.641 TPS masuk dari total 12.955 TPS [82.14%])

9. Venna Melinda, S.E (Perindo) – 17.172 suara

Kata Pakar Soal Kampus Gaet Pinjol: Salahi Aturan dan Picu Mahasiswa Terlilit Utang

Sejumlah kampus di Indonesia salah satunya Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah menjadi sorotan publik gegara kebijakan opsi pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) menggunakan skema pinjaman online (pinjol). Diketahui, mahasiswa ITB dapat membayar kuliah secara cicil lewat pinjaman online Dana Cita.

Kebijakan ini terkuak setelah beredarnya poster ITB pada sebuah akun X (dulu Twitter). Poster tersebut menunjukkan tawaran kepada mahasiswa ITB untuk membayar UKT dengan cara mencicil lewat Dana Cita.

Kabar tersebut kemudian menuai polemik lantaran pengajuan bisa dilakukan tanpa jaminan dengan bunga harian. Menanggapi hal ini, pakar ekonomi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Arin Setyowati berpendapat bahwa kebijakan ITB tersebut akan lebih membebankan mahasiswa.

“Artinya jika dalam proses pelunasan terdapat kelalaian sehari saja telat bayar maka akan berdampak pada penumpukan nominal bunga yang harus ditanggung oleh mahasiswa. Maka otomatis berpotensi menjerat mahasiswa dalam lilitan utang yang ketika gagal bayar dapat berujung pada praktik intimidasi,”ujar Arin dalam laman UM Surabaya, dikutip pada Selasa (30/1/2024).

Kebijakan ITB Bertentangan dengan UU

Lebih lanjut Arin menuturkan penyediaan dana pinjaman seperti ini tidak sejalan dengan amanat UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. UU tersebut mengamanatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah atau perguruan tinggi wajib memenuhi hak mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi agar tetap bisa menyelesaikan studinya.

Bantuan dari perguruan tinggi dapat disediakan dalam bentuk beasiswa atau pembebasan biaya pendidikan. Untuk kasus mahasiswa yang masih sanggup bayar tetapi secara cicil, Arin menyebut kampus harus menyediakan pinjaman dana tanpa bunga yang wajib dilunasi setelah lulus.

Arin mengatakan pihak kampus bisa menjalin kerja sama dengan bank mitra atau koperasi kampus ketimbang perusahaan pendanaan Fintech. Selain itu, pinjaman yang ditawarkan kepada mahasiswa harus mempunyai tenor panjang.

Kampus Perlu Menjunjung Nilai Kemanusiaan

Menurut Arin, kejadian ini perlu menjadi pembelajaran agar kampus bisa menjunjung nilai kemanusiaan. Kasus bayar UKT lewat pinjol ini menggambarkan tugas, fungsi, dan nilai kampus yang kabur.

Kampus seharusnya tidak abai soal aksesibilitas pendidikan atau keselamatan mahasiswa. Hal ini dikarenakan sistem pembayaran pinjaman online dapat memicu tindak intimidasi terhadap mahasiswa jika terjadi gagal bayar.

Arin mengatakan sistem pinjaman kampus bisa meniru kampus di luar yang menawarkan student loans dengan tenor pembayaran panjang (2-10 tahun). Dalam bahasa Indonesia, student loans berarti kredit pendidikan.

Berantas Suap Masuk Polisi!

Jelas instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyoal suap menyuap sekolah polisi.

Kapolri ingin anak buahnya menyampaikan pesan Polri berkembang dengan baik, menggenjot tingkat kepercayaan publik yang sempat merosot.

Baca Juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

“Kita ingin di mata masyarakat semenjak dari awal sampai pada saat proses pengembangannya, Polri lebih baik. Karena ini juga menjadi salah satu kunci untuk mengembalikan kepercayaan publik dan meningkatkan kepercayaan sesuai dengan apa yang menjadi harapan masyarakat,” tambah Sigit.

Efek Jera

Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai PTDH belum tentu menjadi efek jera calo polisi.

“Hanya waktu yang bisa menjawab.
Karena ukuran jera masing-masing personel tentunya berbeda,” kata Bambang saat berbincang dengan merdeka.com, Jumat (24/3).

Terkait 5 polisi yang menjadi calo penerimaan Bintara Polri sempat hanya dihukum demosi, Bambang menilai hal itu malah menimbulkan preseden buruk bagi Korps Bhayangkara.

Karena terkesan memberikan ruang bagi pelaku pungli. “Pemerasan ataupun tindak pidana korupsi di internal Polri mengakibatkan preseden buruk bagi kewibawaan Polri di mata masyarakat, bahwa etik Polri toleran pada perilaku koruptif anggotanya,” tuturnya.

Setali tiga uang, ia mengapresiasi langkah Kapolri. Sebab, seorang personel Kepolisian yang terbukti melakukan pidana.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Tanpa menunggu keputusan pengadilan yang inkrah bisa diputuskan Kapolri sebagai pimpinan tertinggi Kepolisian untuk disanksi administrasi berat yakni PTDH,” ujarnya.

Belum Tegas Berantas Pungli

Senada, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai sejauh ini Polri belum tegas memberantas pungli di internalnya.

Terbukti, lima personel Polda Jateng sempat hanya dihukum demosi. Bukan PTDH.

“Hukuman ringan tentu saja tidak akan menimbulkan efek jera. Padahal yang dilakukan adalah menerima uang dengan janji untuk memasukkan orang-orang yang sudah membayar ratusan juta rupiah menjadi calon siswa bintara,” kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.

Pembacokan Pelajar di Pomad dan Desakan Pembenahan Sistem Pendidikan di Bogor!

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto berjanji mendorong evaluasi besar-besaran terhadap sekolah-sekolah menengah atas demi mencegah tindakan anarkis dari para pelajar. Menurutnya, peristiwa pembacokan di simpang Pomad, Jalan Raya Jakarta-Bogor cukup jadi yang terakhir.

Hal itu diungkapkan Rudy pada Sabtu (11/3), usai takziah ke rumah Arya Saputra, siswa kelas X SMK Bina Warga Kota Bogor, yang tewas usai menjadi korban pembacokan pelajar lain saat menyeberang di Jalan Raya Jakarta-Bogor pada Jumat (10/3).

“Anak-anak ini punya masa depan, dan pendidikan menjadi salah satu ikhtiar kita bersama untuk menjadikan masa depan mereka menjadi lebih baik,” ujar Rudy Susmanto, usai menyempatkan diri bertakziah ke rumah duka, di Kampung Cijujung Tengah RT03/03, Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja.

Baca Juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Apalagi, kata Rudy, almarhum Arya Saputra dikenal sebagai sosok anak baik dan penurut. Keluarganya, sangat mendukung Arya meraih cita-cita. Siswa yang baru duduk di Kelas 10 SMK itu memilih jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) untuk meraih mimpinya menjadi seorang Insinyur.

“Tentu keluarganya sangat berduka, dan mewakili lembaga DPRD Kabupaten Bogor, Kami menyampaikan turut berduka. Semoga Arya mendapatkan tempat terbaik, dimuliakan oleh Allah SWT. Kami juga mendoakan keluarga diberi kesabaran menghadapi ujian berat ini,” kata Rudy Susmanto.

Ada Aksi Balas Dendam

Rudy berharap, meskipun sangat kecewa marah, peristiwa tersebut tidak berbuntut panjang dan menyisakan dendam antar teman-teman di tempat korban sekolah dengan siswa di sekolah pelaku.

Kekerasan, kata Rudy, tidak akan pernah menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah. “Anak-anak ini punya masa depan, maka kita harus memastikan pendidikan berjalan dengan baik. Jangan ada dendam dan jangan sampai ada lagi korban,” kata Rudy.

Oleh karena itu, Rudy meminta agar aparat penegak hukum menangani kasus ini dengan mengedepankan rasa keadilan bagi semua pihak, terutama untuk keluarga korban. Rudy juga meminta pihak penyelenggara pendidikan melakukan evaluasi secara sungguh-sungguh agar peristiwa serupa tidak lagi terjadi.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Dan bicara kondisi hari ini, kita jangan lagi bicara ini kewenangan provinsi, jangan bicara ini kewenangan Kabupaten, ini tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Politisi Partai Gerindra tersebut memastikan, DPRD Kabupaten Bogor akan menjaring masukan dari pihak-pihak berkompeten untuk mengevaluasi sistem atau model pendidikan yang berlangsung saat ini.

Lembaga pendidikan, kata Rudy, harus menjadi ruang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk kepribadian yang mantap, berdikari serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

“Melalui Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor masalah ini akan kita bahas secara serius dan rekomendasi-rekomendasinya akan kami sampaikan juga kepada Kementerian Pendidikan Nasional,” tegas Rudy.

Hancur Karir Pejabat Gara-Gara Pamer Harta dan Hedon!

Dua anak buah Menkeu Sri Mulyani tengah menjadi sorotan. Polah keduanya membuat geram. Bikin tingkat kepercayaan publik merosot.

Adalah pejabat Bea Cukai dan Ditjen Pajak yang kedapatan bergaya hidup hedon. Kerap memamerkan tunggangan mewah di akun media sosialnya.

Eko Darmanto, mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta yang dimaksud. Ia kerap mengunggah gaya hidup hedon.

Baca Juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Mulai dari Harley Davidson hingga pesawat Cessna dipamerkan Eko di akun instagramnya @eko_darmanto_bc. Usai heboh, akun tersebut kini tidak bisa diakses.

Karir yang ia bangun puluhan tahun kini hancur. EKo yang menjabat Kepala Kantor Be Cukai Yogyakarta sejak April 2022 ini resmi dicopot.

“Saudara ED, yang bersangkutan telah dibebastugaskan dari jabatan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta terhitung mulai tanggal 2 Maret 2023,” ujar Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa, Nirwala Dwi Heryanto dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (3/3).

Pencopotan tersebut dilakukan usai Eko Darmanto kerap membagikan gaya hidup mewah dan pamer melalui akun media sosialnya. Hal ini sejalan dengan instruksi yang dikeluarkan Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara pada 1 Maret 2023 lalu.

Pejabat Pajak

Sebelum Eko Darmanto, ada Rafael Alun Trisambodo. Mantan pejabat Ditjen Pajak Eselon II wilayah Jakarta Selatan ini membuat heboh.

Harta kekayaannya yang bernilai fantastis terungkap usai aksi brutal anak kandungnya, Mario Dandy Satriyo. Mario Dandy yang terlibat kasus penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora acap kali bergaya hidup hedon.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Melalui akun media sosial pribadinya, Mario Dandy kerap bergaya hidup hedon. Mulai dari Harley Davidson hingga Jeep Wrangler Rubicon yang bernilai miliaran rupiah. Gaya hidup hedon Mario Dandy berbanding lurus dengan kenaikan harta ayahnya, Rafael Alun tiap tahun.

Kekayaan Rafael meningkat signifikan Per 31 Desember 2019 hingga 31 Desember 2020. Angkanya dari Rp44,2 miliar menjadi Rp55,6 miliar.

Rekam Jejak Din Syamsuddin, Bongkar Ajakan Amien Rais Desak Jokowi Mundur!

Mantan Ketua PP Muhammadiyah Sirajuddin Syamsuddin alias Din Syamsuddin mengungkap fakta mengejutkan terkait Amien Rais. Ia menyebut mantan Ketua MPR RI itu pernah mengajaknya untuk mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar mengundurkan diri dari jabatannya.

Din menyebut kejadian tersebut terjadi pada saat Partai Ummat belum terbentuk. Kala itu, Amien datang ke rumahnya. Ia pun sempat mengira kedatangan Amien untuk bertujuan mengajak dirinya mendirikan partai.

Tak disangka, Amien justru mengajak dirinya ke Istana Negara menemui Jokowi dan meminta orang nomor satu di Indonesia itu untuk mundur.

Mendengar itu, Din pun kaget. Ia secara blak-blakan mengaku tidak memiliki nyali setinggi itu untuk menemani Amien Rais mendatangi dan mendesak Presiden Jokowi mundur.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Tak disangka, ucapannya itu malah disambut gelak tawa para kader Partai Ummat yang pecah saat berada di rumahnya. Sementara itu, sosok Amien Raisn sendiri hanya menampilkan senyum kecil sambil memandangnya.

Meski demikian, Din saat itu mengatakan siap menerima ajakan Amien Rais jika ingin mendirikan partai.

Rekam jejak Din Syamsuddin

Din Syamsuddin selama ini dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah.

Pria kelahiran 31 Agustus 1958 ini juga merupakan seorang Chairman of Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) dan member Strategic Alliance Russia based Islamic World, serta UK-Indonesia Islamic Advisory Group.

Sosoknya juga percaya sebagai Chairman, World Peace Forum (WPF). Ia turut mengemban tugas sebagai Honorary President, World Conference on Religions for Peace (WCRP) yang berbasis di New York.

Din sendiri awalnya menjabat sebagai Sekretaris Umum MUI pada 2000-2005. Kemudian pada 2005-2010, ia diangkat menjadi Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Baca Juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Dirinya akhirnya dipercaya menjadi Ketua Umum MUI pada tahun 2014 hingga 2015. Kala itu, ia menggantikan Sahal Mahfudz yang meninggal dunia pada Jumat, 24 Januari 2014.

Dalam pemerintahan, Din pernah menduduki posisi Wakil Sekretaris Fraksi Karya Pembangunan MPR-RI pada tahun 1998. Setahun berselang, ia menjadi Wakil Ketua Fraksi Karya Pembangunan MPR-RI pada tahun 1999.

Sedangkan di lingkungan partai, dirinya sempat menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Golkar pada 1998-2000.

Minyakita Mulai Langka di Bogor, Dijual Lampaui HET

Minyak goreng kemasan bersubsidi Minyakita mulai langka di Kabupaten Bogor. Para pedagang yang masih memiliki stok menjualnya dengan harga Rp16.000 per liter, di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000.

Para pedagang pun mengaku tidak leluasa lagi Minyakita dari distributor. Jumlah pembelian dibatasi.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Padagang di Pasar Cibinong, Siti (35) mengungkapkan, kenaikan harga Minyakita lantaran harga jual dari agen pun mengalami kenaikan. Dia pun terpaksa menaikkan harga jual kepada konsumen.

Siti mengakui, Minyakita banyak dicari masyarakat belakangan ini, karena harganya yang lebih murah dibanding minyak kemasan lain. Selisih harganya cukup lumayan.

“Sekarang nyarinya sudah susah. Peminatnya ya banyak. Sekarang saya jual Rp16.000 yang satu liter. Sebelumnya Rp14.000. Kalau merek lain kan Rp18.000 sama ada yang Rp23.000,” katanya, Kamis (2/2).

Baca Juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Alasan Naikkan Harga
Siti tidak menampik, pada kemasan Minyakita tertera HET Rp14.000. Namun, kelangkaan dan naiknya harga dari agen memaksanya untuk menaikkan harga jual kepada konsumen.

“Pembeli banyak juga yang komplain. HET Rp14.000 tapi dijual Rp16.000. Disangka kita yang mainin harga. Padahal mah memang dari sana udah naik harganya,” kata Siti.

Sementara pedagang di Pasar Jambu Dua Bogor, Amin pun melakukan hal yang sama dalam menjual Minyakita. Dia mengakui, stok Minyakita dari distributor semakin sedikit. Pedagang pun dibatasi untuk membelinya.

“Saya cuma dijatah tiga dus. Satu dus isinya 12 yang ukuran satu liter. Minyak curah juga dijatah dua jeriken per pedagang,” jelas Amin.

Dia berharap, kelangkaan Minyakkita bisa segera teratasi karena sangat digemari konsumen karena harganya cukup murah dibanding minyak kemasan lainnya. “Katanya kan subsidi minyak sudah habis Januari 2023. Mudah-mudahan dapat subsidi lagi dari pemerintah,” harap Amin.

Kuburan di Aceh Utara Longsor, Jenazah Jatuh ke Sungai

Longsor terjadi di tanah pekuburan di Gampong Arakundo, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, yang berdekatan dengan sungai. Sejumlah makam rusak dan bahkan ada jenazah jatuh ke sungai.

“Beberapa hari kemarin hujan dan banjir melanda Aceh Utara, hingga menyebabkan makam-makam yang tak jauh dari tebing sungai ini longsor,” kata Plh Danramil 29/Langkahan Peltu Syukri, Kamis (26/1).

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Dia menyebut ada sekitar 10 makam yang tergerus longsor. Babinsa yang bertugas di desa setempat, Koptu Wendy, bersama warga berhasil mengevakuasi jenazah yang jatuh ke sungai ke tempat lebih tinggi.

Syukri menjelaskan tanah pekuburan itu longsor akibat hujan yang melanda Aceh Utara beberapa hari belakangan, yang turut memicu terjadi banjir di daerah tersebut.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Pihaknya bakal berkoordinasi dan meminta kepada keuchik (kepala desa) dan aparatur gampong setempat agar secara bertahap melakukan relokasi makam ke tempat lainnya, serta berkomunikasi dengan para ahli waris.

“Beberapa makam sangat rawan posisinya. Kita ingin agar semua diperhatikan di sini, jangan sampai kemudian terjadi lagi longsor dan (jenazah) terbawa ke sungai lagi. Kita geser ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Tak Terima Disebut Termiskin di Jawa, Ini Tanggapan Pemda DIY

Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis data kemiskinan di DIY yang disebut tertinggi di Pulau Jawa. Jumlah warga miskin mencapai 463.630 jiwa atau 11,494 persen.

BPS mencatat, pada Maret 2022 lalu, angka penduduk miskin di DIY sebesar 11,34 persen atau sebanyak 454,76 ribu orang. Sedangkan pada awal tahun ini angka kemiskinan di DIY naik menjadi 11,49 persen atau terdapat sebanyak 463,63 ribu orang.

Pemda DIY pun memberikan tanggapan terkait rilis tersebut. Tak terima serta merta disebut propinsi termiskin se-Jawa, Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Benny Suharsono menyatakan indikator kenaikan kemiskinan tidak bisa dibaca hanya dalam dari hitungan quarter per quarter atau tiga bulan terakhir yang dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

“Mohon jangan dibaca sesempit itu. Karena proses perjalanan pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan memang bicara quarter to quarter atau akumulasi ke akumulasi. Kemarin dirilis [BPS] adalah dari tiga bulan terakhir naik,” ungkap Beny di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (20/01/2023).

Menurut Beny, jika dihitung year to year atau periode per tahun, maka angka kemiskinan di DIY justru mengalami penurunan. Karena itu angka kemiskinan mestinya dibaca dari indikator lain selain alih-alih mengacu pada satu variabel.

Meski sering kontradiksi atau anomali, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di DIY juga perlu jadi acuan penghitungan angka kemiskinan. Variabel IPM seperti usia harapan hidup, angka kebahagiaan, angka harapan rata-rata lama sekolah dan indeks kesejahteraan pun harus dihitung.

Sebut saja usia harapan hidup tertinggi DIY merupakan yang tertinggi di Indonesia. Bahkan Kulon Progo menjadi kabupaten dengan usia harapan hidup paling tinggi di Indonesia yaitu 75 tahun dengan angka kemiskinan 18 persen.

“Angka harapan sekolah mencapai 15,1 tahun atau penduduk diy sudah minimal mencapai D3, atau tertinggi kedua setelah DKI Jakarta,” tandasnya.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Meski demikian, lanjut Beny kritik BPS untuk fokus pembangunan dua kabupaten di selatan seperti Gunung Kidul dan Kulon Progo jadi perhatian Gubernur DIY. Pemda menyiapkan program penanganan kemiskinan esktrim di dua kabupaten tersebut.

Diantaranya akan diluncurkan perlindungan dan jaminan sosial atas selisih angka kemiskinan tersebut. Bupati diminta memvalidasi angka kemiskinan di masing-masing daerah.

“Nantinya akan diusulkan ke gubernur kemudian diteruskan ke pusat untuk ada langkah penanganan berkaitan dengan kemiskinan tersebut,” imbuhnya.